Tips Menjadi Importir Barang Dari Kuwait

Impor adalah kegiatan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, seperti misalnya impor barang dari Kuwait ke Indonesia. Sedangkan orang yang melakukan aktivitas impor disebut importir. Nah, apa saja sih sebetulnya tips menjadi importir barang. Berikut ini adalah ulasannya.

Apa Tips Menjadi Importir Barang Dari Kuwait?

  1. Tahu Sistem Impor Barang 

Jika anda memang benar benar berminat terjun secara serius kedalam dunia ekspor impor barang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggali ilmu sebanyak mungkin tentang dunia tersebut.

Ini dikarenakan ekspor dan impor memerlukan ilmu tersendiri baik dalam hal komunikasi, sistem, info ekspedisi ke luar negeri dan juga negoisasi dengan pihak penjual atau pembeli barang.

Cara untuk mendapatkan ilmu impor barang sebetulnya bisa anda cari melalui website ataupun video tutorial di youtube. Namun, alangkah baiknya jika anda mengikuti secara langsung seminar atau workshop tentang importir yang biasanya dilakukan rutin di daerah-daerah tertentu.

Dengan mengikuti workshop atau e-course tentang impor, diharapkan anda bisa mendapatkan teori-teori secara terstruktur dan dapat memahami sistem serta alur pembelian sampai pengiriman barang impor dari luar negeri ke Indonesia.

Keuntungan mengikuti hal seperti itu adalah anda tidak terlalu dipusingkan dengan teori dan lebih banyak fokus melakukan praktek secara langsung. Nantinya jika mempunyai kendala, anda tinggal berkonsultasi pada mentor-mentor atau orang yang membuka kelas import tersebut.

  1. Bisa Bahasa Asing Lebih Bagus

Dalam dunia jual beli, mau tidak mau anda harus memiliki skill komunikasi dan juga negoisasi yang baik. Ini dilakukan agar anda mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dan harga yang murah.

Masalahnya, ketika melakukan perdagangan antar negara, anda harus bisa menyesuaikan komunikasi dengan bahasa yang mereka pahami. Jika misalnya ingin bertransaksi dengan orang Arab, akan lebih menguntungkan jika anda menguasai bahasa tersebut. Pun dengan orang China, Vietnam dsb.

Namun, sebetulnya anda tidak perlu menguasai bahasa-bahasa tersebut jika memang sulit. Anda cukup mempelajari bahasa Inggris dengan baik agar setidaknya anda bisa berkomunikasi dengan penjual barang meskipun mungkin dia sendiri tidak mengerti bahasa Inggris.

Bagaimanapun, bahasa Inggris adalah bahasa universal, asal kamu ngerti, orang lain mengerti, masalah grammar, salah pengucapan dll nya tidak usah diperhatikan. Yang penting anda bisa melakukan deal dan melakukan impor barang sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Memiliki Mentor dan Komunitas

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa jika ingin terjun ke dunia impor, ada baiknya anda mempunyai mentor ataupun bergabung dengan komunitas impor yang ada dikota anda. Dengan mengikuti komunitas tersebut, diharapkan ada transfer ilmu dari orang-orang yang lebih berpengalaman kepada orang-orang yang masih belajar seperti anda.

Selain itu, dalam komunitas anda bisa melakukan konsultasi secara gratis seandainya dalam pengiriman barang nanti anda memiliki kesulitan atau masalah yang kurang anda pahami.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.