Sekum PP Muhammadiyah: Buya Hamka Sosok Ulama Multidimensi

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, menilai Buya Hamka merupakan sosok ulama multidimensi. Dirinya menilai Buya Hamka, adalah ulama, sastrawan, negarawan, intelektual, serta ayah dan suami bagi keluarganya. Buya Hamka, kata Abdul Mu'ti, memiliki sifat dan karakter yang dapat diteladani baik dari kedalaman ilmu maupun keteguhan akhlak.

"Saya kira penting untuk zaman sekarang, karena ulama tidak hanya sekedar mereka yang mendalami agama tetapi manusia yang utuh dengan kepribadian sebagai ulama sangat ideal, dimana beliau memang mengamalkan apa yang dikatakan," tutur Mu’ti. Hal tersebut diungkapkan oleh Mu'ti pada Meet and Greet bersama pemeran dan sutradara film "Buya Hamka" dalam rangkaian Milad ke 68 UMJ. Mu'ti juga menegaskan bahwa film Buya Hamka tidak sekadar tontonan tetapi juga tuntunan.

Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti Akan Hadiri Syawalan Muhammadiyah Sulsel di Makassar Sekum PP Muhammadiyah Isi Tarhib Ramadan Ceria untuk Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang Alasan Sekum PP Muhammadiyah Minta Sidang Isbat Ramadan 1445 H Ditiadakan

Innalillahi, Buya Syakur Meninggal, Dikenal Sosok Ulama Kharismatik Sekum PP Muhammadiyah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pondok Modern Darussalam di Purwakarta Sosok Buya Syakur, Ulama Kharismatik Indramayu yang Dikabarkan Meninggal Dunia

Sekum PP Muhammadiyah Sebut Ramadhan Ini Jadikan Momentum Islah dan Perbaiki Relasi Setelah Pemilu Begini Kata Sekum PP Muhammadiyah Tentang Bulan Ramadhan 2024, Momentum Perbaiki Relasi Pasca Pemilu "Ini bagian dari pendidikan karakter dan juga bagian dari perjuangan bagaimana film bisa dimulai dari peradaban dan meneguhkan," ucap Mu’ti.

Sementara itu Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si., menilai film Buya Hamka dari perspektif politik. Ma'mun melihat Buya Hamka sebagai salah satu contoh wajah Muhammadiyah ketika melihat Soekarno. Dalam kesempatan itu, Ma'mun juga mengaitkan film Buya Hamka dengan sejarah kemerdekaan Indonesia dan mengungkap sisi lain hubungan persahabatan antara Buya Hamka dengan Soekarno.

Aktor Vino G Bastian yang memerankan tokoh Buya Hamka menceritakan pengalamannya mengenal sosok Buya Hamka. "Saya mengenal Buya Hamka dari ayah saya yang memang memiliki banyak buku karya Buya Hamka," ungkap Vino. Lebih lanjut, Vino mengungkapkan mendapat banyak hikmah dan pesan mendalam dari karakter Buya Hamka.

Seperti diketahui, Milad ke 68 UMJ diperingati dengan berbagai kegiatan mulai dari bazar, Meet and Greet bersama pemeran dan sutradara film Buya Hamka, Nonton Bareng Film Jomblo Fii Sabilillah, pertandingan olah raga dan perlombaan band akustik. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *