SehatQ, Apa Itu Insecure dan Apa Saja Penyebabnya

Akhir-akhir ini istilah insecure seringkali dipakai di dalam sosial media. Tidak sedikit orang yang mulai bertanya-tanya, sebenarnya apa itu insecure? Hal itu dikarenakan insecure bisa membawa pengaruh yang cukup negatif di berbagai macam aspek kehidupan termasuk juga pada kesehatan mental yang sangat perlu untuk diwaspadai.

Ketahui Apa Itu Insecure?

 

Insecure merupakan perasaan kurang percaya diri serta ketidaksanggupan dalam mengatasi tantangan dan ketidakpastian di banyak aspek kehidupan. Seseorang yang insecure umumnya akan dipengaruhi dengan berbagai macam pikiran negatif mengenai kemampuan diri sendiri.

Mereka di sini merasa perjalanan untuk melakukan penyesuaian diri dengan orang lain, menemukan penerimaan, mencapai tujuan serta dukungan merupakan sesuatu yang susah. Untuk mayoritas orang perasaan insecure bisa diatasi sebelum mengakibatkan dampak yang terlalu parah.

Namun jika di sini Anda seringkali merasa insecure secara umum dalam jangka waktu yang lama maka keraguan dan perasaan negatif tersebut bisa mempunyai dampak yang sangatlah signifikan terutama untuk kehidupan Anda. Perasaan insecure akan menyebabkan kecemasan yang berlebih, khawatir, rasa takut serta keraguan diri.

Pada dasarnya di sini penyebab insecure yang dirasakan seseorang dapat berbeda-beda. Artikel kesehatan berikut ini akan menjelaskan mengenai apa saja penyebab seseorang bisa insecure.

Faktor Genetika

Penyebab pertama seseorang bisa kurang percaya diri di dalam lingkup sosial yaitu karena faktor genetika. Setiap orang mempunyai sistem kerja tubuh guna melindungi diri dalam bahaya saat mereka tengah terancam.

Beberapa orang mempunyai respon pada ancaman sehingga memicu fisik nantinya jauh lebih kuat. Individu tersebut berhasil jauh lebih intens terhadap ancaman serta cenderung lebih waspada dari waktu ke waktu. Itulah yang akhirnya menyebabkan rasa insecure.

Faktor genetika ini memberikan pengaruh yang cukup besar mengapa seseorang cenderung kurang percaya diri.

Takut Penolakan dan Kegagalan

Penyebab lain mengapa cenderung muncul rasa insecure atau kurang percaya diri yaitu dikarenakan Anda terlalu takut akan penolakan dan kegagalan. Padahal di sini di dalam hidup terkadang Anda perlu sedikit berani mengambil resiko.

Sebab terdapat banyak hal yang dapat dipelajari dari kegagalan yang nantinya Anda peroleh. Jika Anda selalu gigih pada akhirnya kegagalan bisa Anda hindari.

Kecemasan Sosial

Penyebab sifat insecure berikutnya yaitu kecemasan sosial. Seseorang yang mempunyai riwayat kecemasan sosial mereka di sini akan jauh lebih mudah untuk merasa insecure. Kecemasan sosial akan membuat Anda merasa lebih takut nantinya dievaluasi atau dinilai kurang oleh orang-orang di sekitar.

Akibatnya di sini Anda akan menghindari situasi sosial serta lebih tenggelam dalam perasaan insecure tersebut. Hal itu pulalah yang akhirnya menghambat seseorang dan susah untuk bersosialisasi, bertemu dengan orang baru dan lain-lain.

Pola Asuh yang Salah

Sifat insecure atau kurang percaya diri juga disebabkan oleh pola asuh yang salah. Hal itu umumnya disebabkan karena orang tua yang cenderung terlalu lalai, terlalu kritis atau kasar. Ketidak cocokan antara anak dan orang tua juga membuat sifat insecure tersebut muncul tanpa disadari.

Tidak hanya itu saja pengabaian yang dilakukan orang tua pada akhirnya hanya akan membuat anak beresiko tumbuh jadi seseorang yang insecure. Hal itu umumnya terjadi pada keluarga yang memiliki banyak anak atau orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga cenderung lalai pada anak-anak mereka.

Korban Bullying

Penyebab berikutnya mengapa Anda di sini bersikap insecure yaitu dikarenakan pengalaman pernah menjadi korban bullying. Korban bullying umumnya akan mudah merasa takut. Dalam jangka panjang mereka pun akan mengalami kesulitan di dalam menjalin hubungan dengan siapapun sehingga perasaan insecure tersebut semakin kuat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.