Mata Kering Harus Diobati, Jangan Tunggu sampai Kornea Mata

Mata kering adalah kondisi yang terjadi saat mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk melumasi dan menyehatkan mata. Oleh karena itu, mata kering perlu diobati supaya mata dapat menghasilkan air mata untuk mengurangi resiko infeksi, dan membersihkan benda asing serta menjaga permukaan mata tetap halus juga jernih.

Mata kering yang bermasalah tentu akan membuat seseorang sulit untuk beraktivitas. Apalagi, jika dibiarkan dan tidak diobati. Bukan hanya gangguan penglihatan, beberapa kasus juga menyebabkan kerusakan kornea mata.

Pengalaman Mata Kering

Beberapa waktu lalu saya mengalami mata kering. Hal ini terjadi karena penggunaan lensa kontak dan karena saya selalu menatap layar gadget setiap harinya. Namun saya sangat terbantu dengan adanya internet untuk mencari tahu masalah kesehatan mata ini.

Jika melihat tanda-tanda yang ada, saya mengalami mata kering. Ada beberapa gejala yang bisa diidentifikasi sebagai mata kering. Gejala ini bervariasi, mulai dari ringan hingga yang paling berat. Dan terkadang hanya satu bagian mata atau kedua mata yang dapat mengalami sindrom ini. Gejalanya yang umum seperti mata sepet, pegel, dan terasa kering.

Bagaimana Cara Pengobatan Mata Kering?

Sebelum melakukan pengobatan mata kering, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk tes untuk mengetahuinya adalah sebagai berikut.

Slit lamp test (tes lampu celah) adalah pemeriksaan menggunakan mikroskop (lampu celah). Lampu tersebut berguna untuk melihat apakah mata mengeluarkan cukup air mata.

Schirmer‘s test untuk mengetahui apakah mata cukup untuk mengeluarkan air mata.

Tear break up time (TBUT) untuk memeriksa berapa lama film air mata (lapisan air mata di mata) bertahan sesudah berkedip.

Jika sudah mengetahui diagnosis, Anda bisa melakukan perawatan sesuai dengan kondisi matanya. Pengobatan itu untuk meringankan dan membantu menjaga kesehatan mata. Berikut ini pengobatan untuk mata kering.

Perubahan gaya hidup

Gaya hidup juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami mata kering. Jika demikian, mereka harus melakukan perubahan terhadap gaya hidup untuk membantu melindungi mata. Misalnya, mengubah obat yang tidak menyebabkan kondisi tersebut. Selain itu, mencegah mata kering bisa dilakukan dengan:

  • Mencoba menghindari angin, asap, dan AC
  • Menggunakan humidifier supaya udara di rumah tidak terlalu kering
  • Membatasi waktu layar serta istirahat dari menatap layar
  • Mengenakan kacamata hitam sampul ketika berada di luar
  • Meminum banyak air, seperti delapan sampai 10 gelas setiap hari
  • Tidur yang cukup, sekitar tujuh sampai delapan jam semalam

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Sejak dulu Insto memang menjadi produk tetes mata andalan saya. Dan untuk mengatasi mata kering, saya memilih Insto Dry Eyes. Jenis Insto ini secara spesifik untuk mengobati mata kering. Berbeda halnya dengan Insto Reguler yang lebih cocok digunakan untuk mengobati iritasi pada mata.

Obat tetes mata menjadi obat yang wajib saya bawa selain obat masuk angin. Karena gejala mata kering bisa datang kapan saja. Misalnya saat kita terlalu sering menatap monitor, terkena AC, atau lupa berkedip. Namun saya tidak khawatir lagi jika terjadi gejala mata kering.

Sebagai pelajaran kita bersama. Jika mata sudah terasa sepet, pegal, dan perih itu berarti tanda-tanda mata kering. Sebaiknya segera diobati sebelum semakin parah nantinya. Sebab mata kering yang tidak segera diobati bisa menyebabkan kerusakan kornea mata.

Saya sangat merekomendasikan InstoDryEyes #SolusiMataKering karena bisa didapatkan dengan mudah dan sangat ampuh untuk mengatasi gejala mata kering. Jika mata kering tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter mata.

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *