Makin Inspiratif, Inilah 6 Desain Arsitektur Masjid Terindah

Berperan sebagai tempat ibadah, masjid umumnya dibangun dengan mengutamakan ketahanan konstruksi guna menunjang keselamatan dan kenyamanan orang-orang di dalamnya. 

Oleh karena itu, material terbaik seperti semen Mortar penting digunakan saat pembangunannya. Di samping konstruksi yang kokoh, tak ada salahnya mementingkan nilai estetika pada saat merancang desain arsitektur masjid. 

Deretan Arsitektur Indah Masjid Masa Kini

Kini masjid dibangun dengan berbagai inovasi arsitektur yang beragam. Tentu saja tanpa mengurangi fungsi dan kesakralan. Jika saat ini Anda membutuhkan referensi rancangan arsitektur masjid terindah, simak ulasan berikut:

1.    Masjid Kontemporer

Desain masjid kontemporer dihadirkan dengan mengutamakan unsur keseimbangan antara konsep tradisional dan konsep modern. Yang dimaksud dengan konsep tradisional terbilang cukup banyak. Salah satunya ialah unsur warna lebih gelap, seperti coklat dan hitam.

Sementara itu, konsep modern merujuk pada aksen hingga furniture dalam bangunan. Tak hanya itu, gaya bangunan modern seperti atap beton tanpa genteng juga merupakan perwujudan konsep arsitektur modern. Berkat kolaborasi desain tersebut, masjid kontemporer selalu memberikan kesan eye catching.  

2.    Masjid Modern Estetik

Meskipun bukan sesuatu yang wajib, membangun masjid dengan arsitektur estetik dapat memberikan nilai plus pada bangunan. Hal ini dikarenakan, arsitektur tersebut pasti dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal. 

Terutama fungsinya, contohnya bisa dilihat dari masjid-masjid terindah di dunia. Seperti Camlica Mosque yang dibangun dengan arsitektur menyerupai taman agar suasana lebih segar dan nyaman di dalamnya.

3.    Masjid Modern Ekspresionisme

Masjid arsitektur modern ekspresionisme mengedepankan nilai-nilai spiritual dalam pembuatannya. Namun, ciri khas teknologi pada masa pembangunan juga dihadirkan dalam arsitekturnya agar identitasnya tetap diketahui ribuan tahun ke depan. 

4.    Masjid Monumental Modern Minimalis

Masjid dengan arsitektur monumental memang cocok dikombinasikan dengan desain modern minimalis. Meskipun disebut minimalis, tidak berarti tiap-tiapnya terkesan sederhana. 

Sebaliknya, unsur modern pada bagian minimalis mampu menjadikannya terkesan mewah. Contohnya terdapat di Masjid Istiqlal yang arsitekturnya murni. Sederhana, tidak serupa bangunan manapun, tetapi terkesan mewah.

5.    Masjid Arsitektur Ka’bah

Ada banyak masjid yang didirikan dengan arsitektur serupa Ka’bah. Di Indonesia sendiri, ada Masjid Cahaya Rancamaya sementara di Arab Saudi, ada KAPSARC Mosque. Walaupun keduanya berbeda secara tampilan, konsepnya sama-sama berbentuk kubus. Kemudian, bangunan juga didirikan dengan material konstruksi solid dengan tujuan agar dapat berdiri lama seperti halnya Ka’bah.

Jika Anda ingin membangun masjid yang memiliki konstruksi tahan lama, desain arsitekturnya perlu direncanakan sejak awal. Selain itu, pemilihan material juga tidak boleh asal, terlebih jika bangunan masjid ingin didirikan dalam waktu singkat.

6.    Masjid Industrial

Tidak hanya pada bangunan komersial ataupun hunian, gaya industrial juga terdapat pada sejumlah masjid. Dibandingkan dengan arsitektur pada umumnya, masjid industrial memiliki kesan mewah yang terkesan alami.

Pasalnya, tidak ada penggunaan aksen-aksen mewah seperti halnya bagian bangunan berlapis emas atau lain sebagainya. Desain arsitektur masjid ini sangat sesuai dengan anjuran mengenai pembangunan tempat ibadah umat muslim yang sebaiknya tidak berlebihan.

Bangunan Masjid Kokoh dengan Semen Mortar SCG

Untuk mendukung pembangunan masjid sesuai dengan keinginan Anda, gunakan semen Mortar dari SCG hingga bata ringannya. Kedua material konstruksi ini akan membantu mempersingkat waktu pembangunan. Sebab, bata ringan SCG memiliki ukuran besar sehingga pemasangannya pasti lebih cepat.

Untuk semennya sendiri, penggunaannya sangat mudah yakni hanya perlu dicampur air. Semen Mortar SCG tidak hanya bisa dipakai untuk merekatkan bata, tetapi juga untuk acian.

Itulah ringkasan singkat mengenai desain arsitektur masjid saat ini yang tergolong paling indah. Untuk memastikan keindahan masjid dapat dinikmati anak-cucu nanti, bangun tempat ibadah ini dengan material high quality dari SCG. Informasi lengkap seputar produk SCG serta pembelian serta online, Anda bisa mengunjungi di www.scgcbm.id.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *