Makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Rusak, Sahabat Bantu Perbaiki

Makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dikabarkan rusak. Sahabat keduanya, Marissya Icha mendapatkan kabar ini dari laporan sejumlah netizen. Ia mendapatkan laporan bahwa foto Vanessa dan Bibi di makam telah rusak.

Mendengar hal itu, Icha langsung menyiapkan foto baru yang dibingkai warna emas untuk menggantikan foto lama di makam. Ia akan datang ke Taman Makam Islam Malaka, Jakarta, untuk memperbaiki makam yang sudah berantakan. Banyak spekulasi kalau makam rusak akibat ulah peziarah yang tidak bertanggung jawab. Namun Icha tidak ingin menyalahkan pihak manapun dan berpikir kalau cuaca yang buruklah yang membuat makam menjadi seperti itu.

“Terima kasih temen-temen semua yang sudah info bahwa foto-foto di makam sudah hilang dan sudah rusak, ga usah khawatir inshaAllah siang ini aku perbaiki, kita positif thinking aja barang kali hujan besar atau anginn besar jadi makam berantakan,” tulis Icha di Instagram Story pada Selasa, 9 November 2021.

Tidak lama berselang, Icha mengunggah video yang memperlihatkan ia sedang membersihkan makam Vanessa dan Bibi. Ia menghiasi makam tersebut dengan banyak bunga yang sengaja dibentuk sebuah hati di tengah. Ia juga menata kembali buket bunga dari para peziarah sehingga terlihat lebih rapi. “Assalamualaikum Cinta sejati. Udah wangi dan bersih lagi yah @vanessaangelofficial @bibliss,” tulis Icha.

Pihak keluarga Vanessa dan Bibi menyampaikan pesan untuk para peziarah. Icha menyampaikan bahwa keluarga memperbolehkan siapapun untuk datang ke makam namun tujuan utamanya adalah mengirimkan doa. “Niatkan kesana mau kirim doa (minimal Alfatihah atau yasin) dan doa-doa terbaik, tolong bantu doa yah temen-temen bukan hanya sekedar foto-foto saja,” tulis Icha.

Ia juga mengajak para peziarah untuk memperhatikan kebersihan di area pemakaman. “Pihak keluarga cemas akan hal ini, akibat terlalu banyaknya orang masuk lalu lalang, dan beberapa hanya datang berfoto saja. Kalau kalian sayang dan memang simpatik bantu jaga yah,” tulisnya.

Sebelumnya, banyak beredar video yang memperlihatkan kondisi makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah rusak berantakan. Diduga penyebab kerusakan tersebut karena banyaknya orang yang datang untuk membuat konten di pemakaman. Hal ini membuat petugas pemakaman terpaksa membatasi peziarah dan mengunci lokasi pemakaman.

Beredar pula video kedua orang tua Bibi yang harus berdoa di luar pagar makam, karena tidak bisa masuk. Video yang direkam oleh netizen juga memperlihatkan kondisi makam yang berantakan. Kursi yang biasa digunakan untuk orang berziarah juga rusak. Diperparah dengan foto Vanessa hilang dan foto Bibi tampak pecah di bagian kaca figuranya.

Netizen ramai menuliskan komentarnya di berbagai akun gosip. “Kurang ajar bangett yang buat konten, enggak punya perasaan,” tulis @dewi***. “Ya Allah itu foto bisa ampe rusak ama hilang diapain sih?!! Kalau mau ziarah ya silahkan didoain. Bukan hanya demi kebutuhan instastory aja ziarah,” tulis @vxm***. “Bener kata Ernest, meninggalnya orang malah dijadiin konten,” tulis @tiwi***.

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, suaminya meninggal dalam kecelakaan tunggal mobil Pajero Sport yang dimilikinya di Tol Nganjuk, Kamis, 4 November 2021. Sehari sesudahnya, keduanya dimakamkan dalam satu liang di Taman Makam Islam Malaka. Para peziarah mulai dari keluarga, sahabat, hingga masyarakat tidak henti mendatangi makam Vanessa dan Bibi.

DEWI RETNO

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.