Cara Menjaga Berat Badan Ideal Bayi

Berat badan ideal bayi bisa diwujudkan dengan mudah, karena seiring berkembangnya waktu bayi akan terus berkembang. Berat badan bayi juga akan mulai bertambah, walaupun setiap bayi mempunyai berat badan yang berbeda, karena bergantung pada seberapa kuat ia menyusui pada ibu.

Bagaimana cara menjaga berat badan ideal bayi?

Pada umumnya, berat badan ideal bayi sesuai dengan tumbuh kembangnya dan umur yang dimilikinya. Bayi baru lahir pada umumnya mempunyai rata-rata berat 3 kg, walaupun berat badannya akan susut hingga 7 sampai 10% sebab kehilangan cairan yang diderita oleh bayi tersebut.

Kehilangan cairan yang diderita oleh bayi tidak perlu dikhawatirkan, karena dalam beberapa Minggu berat badan bayi akan kembali naik. Bayi baru lahir makan setiap 2 sampai 3 jam, hanya boleh mengkonsumsi 14 gram permakan selama beberapa hari pertama kehidupannya.

Namun bayi dalam kurun waktu 2 minggu akan meningkat tingkat konsumsinya hingga 56 sampai 84 gram permakan. Jumlah berat pakan bayi terus-menerus bertambah setiap bulannya, itulah mengapa bayi diberi ASI eksklusif agar lebih cepat naik dalam waktu 2 bulan pertama. Cara menjaga berat badan ideal bayi tentunya bergantung pada umur bayi tersebut.

Menyusui

Pada umumnya bayi baru lahir mengalami kenaikan badan 28 gram dalam sehari dan panjang hingga 2,5 cm selama sebulan penuh. Bunda harus ingat bahwa sebagian besar bayi akan mengalami penurunan berat badan, walaupun nantinya berat badan ini akan kembali naik setelah beberapa hari.

Cara menjaga berat badan ideal bayi, adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi usia 1 bulan. Caranya adalah bunda harus menyusui bayinya 2 sampai 3 jam sekali, walaupun ASI tersebut tidak keluar sama sekali.

Pada beberapa Ibu mungkin tidak bisa menyusui bayi dengan ASI hingga waktu yang lama. Namun, perlu diketahui apabila memungkinkan maka menyusui adalah cara yang paling bagus untuk memulai menjaga berat badan ideal bayi. Meski menyusui secara banyak, namun hampir tidak mungkin bayi menyusu secara berlebihan.

Terlebih apabila bayi tersebut tetap bertahan di payudara Ibu menyusui dalam waktu yang lama. Hal tersebut terjadi dan dilakukan karena merasa nyaman dalam pelukan ibunya. Sebagai bunda, anda tidak boleh menanggapi setiap tangisan dari bayi dengan memberinya makan b

Apabila tangkis yang muncul hanya dalam waktu singkat sejak disusui, maka bunda bisa menenangkannya sebelum memberi susu. Caranya adalah dengan mengganti popok, mengajak berbicara atau menenangkan bayi. Hal tersebut adalah sangat penting untuk dibiasakan sejak awal, karena bila setiap kali bayi menangis dan diberi makan. Maka bayi akan menganggap menyusui adalah hal yang mereka butuhkan ketika bosan sehingga menciptakan asosiasi yang tidak sehat.

Tidak Memberi Makan Berlebihan

Tentu akan sangat wajar apabila bunda menginginkan si kecil menghabiskan susu dalam botol atau makanan yang ada di dalam mangkoknya. Lain hal pada suatu waktu apabila anak tidak bisa menghabiskan makanan tersebut, karena bunda tidak bisa memaksanya menghabiskan.

Namun apabila bayi Anda sehat, maka ketika bayi tersebut mengatakan sudah selesai makan maka berarti telah selesai. Biarkan bayi yang anda miliki mendengarkan isyarat lapar, karena isyarat lapar pada bayi sangat penting.

Usahakan juga untuk memberikan MP ASI yang sangat sehat, gunakan waktu yang emas ini untuk membangun selera makan makanan sehat seperti sayur sebelum ia menjadi picky Eater. Walaupun memberi sereal khusus bayi yang diperkaya zat besi, maka usahakan bunda untuk tidak membelinya secara berlebihan.

Bunda juga bisa menjaga berat badan ideal bayi dengan memulai makan bersama keluarga. Usahakan untuk membiasakan bayi duduk di kursi atau membawanya kemeja untuk makan bersama. Bayi yang makan bersama orang tuanya cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.