Cara Melakukan Pengaturan Suhu AC yang Normal

Air conditioner atau AC adalah alat elektronik yang berguna untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap sejuk dan nyaman. Alat pendingin ruangan ini menggunakan sistem pengaturan suhu dengan remote AC yang disediakan pada paket penjualan ketika membeli AC ini.

Namun, Anda juga harus memahami suhu AC normal yang tepat agar ruangan tetap nyaman serta bisa menghemat pengeluaran tagihan atau token listrik. Mari, siasati tagihan listrik yang tinggi dengan mengatur suhu AC normal dengan langkah-langkah berikut ini.

Bagaimana Cara Melakukan Pengaturan Suhu AC yang Normal?

Atur Suhu Ruangan Pada Suhu 24-25° Celsius

Tahukah Anda semakin rendah suhu yang diatur pada AC, semakin besar energi listrik yang digunakan? Sebaiknya setel suhu AC yang paling tepat untuk ruangan Anda. Suhu 24-25° Celsius sendiri dianggap menjadi suhu yang paling sesuai untuk dipilih di daerah tropis sebab dapat memberikan udara yang sejuk tanpa menyebabkan rasa dingin yang berlebihan.

Suhu 24-25° Celsius juga bisa membuat suhu ruangan terasa sejuk tanpa menyedot energi listrik yang berlebihan sebab tidak begitu memberatkan kerja kompresor AC.

Jangan Setel Suhu AC Pada 16° Celsius

Banyak orang ingin ruangan cepat dingin dan langsung memasang AC dengan suhu terendah pada 16° Celsius di AC ruangan. Tetapi, pemilihan suhu 16° Celsius ini sebenarnya tidak dianjurkan di daerah tropis sebab suhu 16° Celsius sebenarnya hampir tidak mungkin tercapai di daerah beriklim tropis.

Walaupun hampir tidak bisa mencapai tingkat suhu ini, AC tidak berhenti bekerja untuk bisa mencapai suhu yang disetel di remote AC. Maka, kompresor akan mempunyai beban yang berat dan terus bekerja keras maka menyebabkan pemborosan energi.

Atur Suhu AC yang Berbeda pada Siang juga Malam Hari

Suhu ruangan di siang hari tentu berbeda dengan suhu pada malam hari. Sebab suhu di malam hari terasa lebih dingin, maka kita tidak perlu menyetel suhu yang terlalu rendah. Cobalah menaikkan suhu sekitar 4° Celsius dari suhu yang digunakan di siang hari. Menyetel suhu yang tidak terlalu dingin juga bisa membuat tidur lebih lelap dan nyaman.

Matikan AC Ketika Bepergian

Mematikan AC ketika bepergian bisa membantu menghemat pengeluaran listrik bulanan. Jika Anda hanya bepergian dengan waktu yang sebentar, maka bisa tetap menyalakan AC ruangan, namun lebih baik naikkan suhunya sekitar 2-3° Celsius dari suhu normal.

Itulah beberapa cara dalam melakukan pengaturan suhu AC yang normal. Bagaimana, tidak sulit bukan dalam menghemat energi listrik melalui pengaturan suhu AC? Jika Anda terapkan cara ini setiap hari, Anda juga akan bisa menghemat biaya bulanan untuk kebutuhan listrik.

Selain mengatur suhu AC yang benar, penggunaan AC hemat listrik juga akan sangat membantu Anda menghemat energi. Anda bisa menggunakan AC AQA-KCRV10WXW. Salah satu produk AQUA Elektronik yang hemat daya dan ekonomis ini bisa membuat pengalaman beraktivitas di dalam ruangan semakin nyaman dan menakjubkan.

Beberapa fitur unggulan yang ada pada AC ini yaitu:

  • CSPF 5 Star: AC pertama di Indonesia yang mempunyai rating 5 sebagai pengakuan tingkat penghematan daya.
  • UVC Sterilization: memberikan proteksi akan kontaminasi virus Covid-19.
  • Turbo Cooling: hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk mencapai level suhu yang dipilih.
  • Self Clean: unit AC bisa membersihkan evaporator secara otomatis dengan menekan satu tombol.
  • Eco Mode: 4 mode penggunaan energi bisa mengontrol penggunaan daya sampai 40% atau 160 watt untuk ½ PK.

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *