Bandingkan Covid-19 RI dan Negara Lain, Luhut Singgung PM Belanda

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 Luhut Binsar Pandjaitan membandingkan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia dengan beberapa negara lain, di tengah merebaknya varian delta. Ia menyebut kenaikan kasus dalam beberapa waktu terakhir juga terjadi di negara lain.

“Jadi jangan kita lihat, Indonesia saja yang kena,” kata Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali ini dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

Salah satu yang mengalami kenaikan kasus adalah Belanda. Luhut pun sempat menyinggung Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang menyampaikan permintaan maaf pada 12 Juli 2021.

“Karena dia setujui lepas masker beberapa waktu lalu, dan sekarang naik seperti ini eksponensial,” kata Luhut sampil memperlihatkan grafik kenaikan kasus Covid-19 di Belanda.

Data perbandingan ini dikutip Luhut dari laman ourworldindata.org. Ia menampilkan grafik rata-rata kasus baru Covid-19 per minggu dari 13 April sampai 13 Juli 2021.

Inggris menempati urutan teratas dan diikuti oleh Belanda, Malaysia, dan Rusia. Barulah kemudian Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, dan Israel.

Untuk itu, Luhut pun memohon semua pihak untuk bisa memahami situasi yang terjadi. “Bahwa varian delta ini varian yang tidak mudah dikendalikan,” kata dia,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.